Home / Travel / Menambah Wawasan Dengan Wisata Candi Jogja

Menambah Wawasan Dengan Wisata Candi Jogja

wisata di Jogja

Jogja menjadi salah satu daerah wisata yang sangat dikenal di Indonesia. Tidak hanya itu, Jogja juga dikenal hingga mancanegara. Tidak heran, Jogja juga menjadi salah satu tujuan wisatawan asing selain pulau bali dan pulau lombok. Jogja menyediakan begitu banyak destinasi wisata, salah satunya adalah wisata sejarah. Ada begitu banyak tempat bersejarah yang berdiri di Yogyakarta. Beberapa diantaranya sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Candi menjadi salah satu bangunan bersejarah yang dapat Anda kunjungi, baik untuk menikmati keindahannya atau untuk mempelajari sejarah yang ada di dalamnya. Ada beberapa tempat wisata di Jogja yang berbentuk candi.

Tempat Wisata Di Jogja Berupa Candi

Tempat wisata di Jogja dalam bentuk candi yang pertama adalah Candi Plaosan. Candi yang satu ini merupakan candi peninggalan Rakai Panangkaran yang menjadi salah satu raja dari dinasti Syailendra. Candi yang satu ini memiliki luas 2000 m2 dan letaknya berada sekitar 148 di atas permukaan air laut. Candi yang satu ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan lor dan Candi Plaosan kidul. Letak kedua candi tersebut hanya berjarak 100 meter. Candi Plaosan juga kerap disebut dengan candi kembar. Candi yang kedua adalah candi Simbasari. Candi yang satu ini merupakan salah satu candi peninggalan sejarah yang berdiri pada abad ke-9 Masehi. Candi yang satu ini awalnya ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah dan kemudian menemukan sebuah batu yang memiliki ukiran. Setelah dilakukan penggalian, ternyata ditemukan sebuah candi seperti yang ada pada saat ini. Candi Simbasari terletak sekitar 6,5 meter di bawah tanah.

Candi yang ketiga adalah Candi Prambanan. Candi yang satu ini terletak di perbatasan antara provinsi Yogyakarta dengan provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita rakyat, candi yang satu ini dibangun dalam satu malam oleh seorang pria untuk membuktikan cintanya kepada seorang putri. Tidak jarang orang juga memanggil candi yang satu ini dengan sebutan candi seribu. Untuk mencapai lokasi candi ini, maka Anda dapat menggunakan kendaraan umum dan turun di depan pintu masuk candi. Demikian beberapa tempat wisata di Jogja berupa candi yang dapat Anda kunjungi.

Related posts:

Check Also

kampung qurban

Inilah Keunggulan Algira Kampung Qurban

Apakah Anda sedang mencari tempat terbaik untuk melakukan investasi di bidang properti produktif? Jika benar, ...